WARNING!

Annyeonghaseyo ^^

Saya kembali, yah meskipun sedikit-sedikit saya post-nya hehe

Saya sebenarnya ga peduli sama masalah ini tapi yah mau bagaimana lagi mau tidak mau saya harus peduli. ^^ Karena status saya sudah Mahasiswa saya di sini mencoba untuk bertindak sebijak mungkin. #ceileh

1. DON’T BE A PLAGIARISM.

Meskipun saya tidak tahu karya saya di plagiat apa tidak, saya berusaha mengingatkan. Coba pikirkan bagaimana jika karya yang kalian buat dengan susah payah, eh ternyata dengan mudahnya ada yang mengklaim itu karyanya. Sakit bukan. Nah maka dari itu, jangan jadi orang yang seperti itu ya. Saya yakin anak muda Indonesia itu kreatif. Coba bayangkan jika di Indonesia, negara tercinta kalian ini dipenuhi dengan kepalsuan, plagiat di sana sini, saling mengklaim bahwa itu miliknya. Saya yakin tak butuh waktu lama Indonesia bakal hancur di tangan generasi mudanya yang suka memplagiat. Ironis bukan? Kalau kalian mau Indonesia maju nggak stuck jadi negara yang sedang berkembang mulu, jangan tanamkan budaya plagiat di hati dan kehidupan kalian. ^^

2. DON’T BE A SILENT READER.

Saya mohon dengan sangat hormat yang baca di blog saya comment ya. Jangan jadi silent reader. Saya maklum jika di post selain fanfic nggak comment. Tapi kalo di fic saya, saya mohon comment ya. Saya tahu seberapa banyak yang sudah mengeksplore blog saya ini, ketika saya lihat stat di blog ini tinggi tetapi tidak ada satu commen pun jujur saya sangat kecewa.

Untuk apa comment kalian sangat diperlukan?

Karena saya juga manusia yang pasti punya kekurangan dalam membuat suatu karya, untuk itu kritik dan saran kalian para readers sangatlah bermanfaat untuk saya. Saya tidak bisa menilai bagaimana hasil dari karya saya, apakah bagus atau kurang bagus, apakah kemampuan menulis saya meningkat atau jalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran kualitas. Hanya kalian para readers yang bisa menilai. Suatu ketika pernah saya berpikiran untuk tidak menulis lagi, berhenti melepaskan imajinasi saya, berniat mengurungnya , dan mencoba berkomitmen dengan karangan ilmiah yang sama sekali tidak menarik bagi saya tapi merupakan sebuah kewajiban saya sebagai mahasiswa. Ya, ketika saya merasa tak ada yang menghargai saya, saya sangat merasa sakit. Saya akan senang jika sebuah karya saya direspon biarpun itu sebuah kritikan pedas, saya senang jujur saja, sama halnya ketika dosen pengajar saya mengkritik banyak kesalahan saya di setiap tugas paper, jurnal ilmiah, dll. Saya jadi tahu dimana letak kesalahan saya, dan ke depannya tidak akan terulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Selain itu, comment juga bentuk partisipasi dan apresiasi kalian sebagai readers. Seperti kata pepatah, “Jika kau ingin dihargai maka kau harus menghargai orang lain juga.” Nah, jadilah Readers yang baik. Satu comment kamu, adalah satu semangat untuk saya. ^^

Oke, that’s it. Itu adalah pidato dari seorang mahasiswa yang depresi dan trauma karena tugas. Gamsahabnida sudah mau membaca ocehan panjang saya dan sedikit BANYAK curhat juga #bow

Annyeonghigaseyo~

Leave a Reply

